07 Januari 2008

Kemah Gabungan Eskul

EKSTRA kurikuler (Ekskul) SMP Negeri 2 Tasikmalaya telah mengakhiri program kegiatan di tahun 2007 dengan menyelenggarakan perkemahan gabungan ekskul. Acara perkemahan gabungan ini adalah sebagai realisasi dari keputusan bersama para anggota dan pembina ekskul untuk mengaplikasikan hasil pembinaan di masing-masing ekskul.

Menurut pembina kesiswaan SMP Negeri 2 Tasikmalaya, Drs. Tomi Budi Utama, acara gabungan ini ini sebagai wujud pembuktian hasil pembinaan sepanjang tahun 2007. “ Orientasi pembinaan kegiatan ekskul di SMP Negeri 2 Tasikmalaya diarahkan pada pembinaan kepribadian yang didalamnya menyangkut aspek kebersamaan, kemandirian, disiplin, kerja keras, dan sebagainya. Maka kegiatan perkemahan seperti ini adalah bagian dari aplikasi hasil binaan di ekskulnya masing-masing, pelaksanaannya lebih bernuansakan rekreatif serta pembelajaran dalam bentuk permainan “, ujar Tomi.

Acara perkemahan yang berlangsung selama tiga hari itu selain diisi dengan kegiatan yang harus diikuti bersama seluruh peserta juga ada acara khusus yang diselenggarakan oleh ekskul masing-masing seperti pemilihan pengurus baru, serah terima jabatan kepengurusan, demo ekskul.


Pembina OSIS, Dadi Agus Irawan, SPd, mengatakan, acara perkemahan gabungan ini akan terus diadakan setiap tahun. “ Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah sebagai pembelajaran bagi para siswa khususnya tentang makna hidup mandiri. Kami berharap, semoga melalui kegiatan ini, mereka akan memperoleh pengalaman baru dalam hidupnya, “ kata Dadi. Hal yang sama dikemukakan Ilham Pamungkas, ketua panitia kemah gabungan, bahwa melalui kegiatan bersama ini diharapkan bisa meningkatkan kwalitas kepribadian. “ Banyak sekali manfaat dari acara perkemahan bersama ini, selain melatih fisik dan mental juga yang lebih utama adalah memupuk jiwa kebersamaan serta kekeluargaan antar anggota ekskul khususnya," ujar Ilham.


Acara kemah gabungan ini diantaranya wide game, lomba cepat tepat, olahraga dan kesenian, serta kegiatan bakti masyarakat. Pengamatan tim liputan Nedutas Genial, sebagian besar peserta kemah gabungan ini nampaknya belum pengalaman dalam perkemahan, hal ini bisa dimengerti karena dari 16 ekskul yang ada di SMP Negeri 2 Tasikmalaya ini yang sudah biasa melakukan perkemahan sebatas ekskul pramuka atau PMR, sehingga tidak heran begitu datang ke tempat perkemahan tidak sedikit peserta yang mengeluh, tapi begitu memasuki hari kedua mereka sudah mulai beradaptasi. Penyelenggaraan kemah gabungan itu sendiri berlangsung dengan sukses dan lancar sesuai jadwal acara yang telah direncanakan panitia. Adapun yang menjadi ekskul berprestasi dalam kegiatan ini adalah dari ekskul Tae kwon Do. Menurut panitia, ekskul berprestasi tahun ini akan menjadi penyelenggara perkemahan gabungan tahun depan.

Tim Liputan
Nedutas Genial
SMP Negeri 2 Tasikmalaya

Tidak ada komentar: